Kelebihan Memilih Nasi Kotak Jakarta Untuk Acara Formal dan Informal

Nasi Kotak Jakarta kini menjadi pilihan banyak kalangan untuk mendukung konsumsi acaranya karena lebih praktis dan efisien. Dengan berbagai pilihan menu yang tersedia, nasi kotak cocok untuk berbagai acara baik formal maupun non formal.

Nasi kotak vs prasmanan?

Ada dua tipe penyajian makanan saat acara yaitu dengan prasmanan atau juga sering disebut buffet atau menggunakan nasi kotak. Jika diharuskan memilih antara kedua cara penyajian tersebut, tentu Anda harus melihatnya dari berbagai faktor. Dari sisi kepraktisan, menggunakan nasi kotak tentu akan jauh lebih praktis karena Anda tidak perlu menyediakan tempat tambahan untuk meletakkan prasmanan. Selain itu, menggunakan prasmanan juga akan menyisakan PR tambahan yaitu mencuci piring-piring yang kotor sisa makan. Oleh karena itu, jika dilihat seberapa praktis maka menggunakan nasi kotak jauh lebih praktis dibanding prasmanan.

Selanjutnya dari sisi harga. Harga nasi kotak dihitung per box sedangkan prasmanan dihitung per pax. Perhitungan prasmanan biasanya akan sedikit lebih mahal, karena menggunakan paramater porsi terbanyak ditambah dengan spare. Sedangkan pada nasi kotak, porsi sudah diatur oleh pihak katering dengan porsi standar, sehingga harganya akan lebih ekonomis. Penggunaan nasi box juga dimaksudkan untuk mengurangi kemungkinan adanya sisa makanan karena semuanya sudah terplot secara detail.

Namun kembali lagi, perbandingan tersebut disesuaikan dengan selera dan kebutuhan masing-masing orang. Baik nasi kotak maupun prasmanan dari jasa katering, keduanya akan sama-sama menguntungkan karena Anda tidak perlu lagi memasak untuk menyiapkannya.

Dulunya, nasi kotak identik dengan sebutan berkat pada masa peradaban Hindu-Budha di Indonesia. Berkat disajikan di acara-cara keagamaan sebagai bentuk suguhan kepada tamu yang hadir. Seiring berjalannya waktu, budaya tersebut tidak ditinggalkan begitu saja. Berkat berkembang menjadi nasi kotak yang disajikan pada berbagai acara. Meski demikian di beberapa daerah masih terdapat bentuk berkat asli yang disajikan menggunakan tempat anyaman bambu dengan dialasi daun pisang.

Memilih nasi box akan membuat pengeluaran konsumsi menjadi lebih terjangkau dibanding menyajikan makanan prasmanan. Makanan yang disajikan juga akan lebih terjaga kebersihannya karena disajikan dalam wadah tertutup. Beban pekerjaan Anda untuk membereskan rumah seusai acara pun menjadi lebih ringan karena tidak perlu mencuci piring-piring kotor. Sisa makanan bisa langsung dibuang pada bak sampah dengan mudah.  Dan yang terakhir, Anda tidak perlu khawatir makanan yang disajikan akan kurang karena nasi box tentu sudah dipesan sesuai jumlah tamu undangan yang ada.

Pertimbangan dalam memilih jasa katering berkualitas

Saat ini ada banyak jasa katering yang menyediakan berbagai jenis pilihan nasi kotak untuk acara Anda. Akan tetapi, Anda harus lebih jeli dalam memilihnya. Ada poin-poin tertentu yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan kualitas jasa katering yang dipesan.

  1. Menu variatif

Paket nasi kotak yang disediakan jasa katering umumnya menyajikan berbagai macam menu. Sebagian dari mereka menyajikan menu yang sama, namun ada juga yang menyajikan menu bervariatif. Pilihlah jasa katering yang menyediakan menu variatif agar tamu undangan Anda tidak merasa bosan dengan makanan yang hanya itu-itu saja. Terlebih jika acara dilakukan secara rutin baik 2 minggu sekali, 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali. Cukup memilih nasi kotak dengan menu berbeda setiap minggunya, sajian dalam acara akan terlihat lebih bervariasi dan tidak membosankan.

  1. Kemasan yang aman

Tiap-tiap jasa katering tentu memiliki kotak sajinya tersendiri. Perlu diketahui, jika kemasan, warna dan logo dan mempengaruhi cita rasa. Pilihlah jasa katering yang menggunakan kemasan aman. Berasal dari bahan yang ramah lingkungan dan tidak membuat makanan menjadi beracun ketika disimpan di dalamnya. Sebisa mungkin, hindari jasa katering yang menggunakan kemasan styrofoam karena bahan tersebut kurang baik saat bersinggungan dengan makanan secara langsung.

  1. Penyajian fresh

Poin ini juga menjadi poin yang tidak kalah penting untuk dijadikan bahan pertimbangan. Penyajian yang fresh akan membuat rasa makanan menjadi lebih lezat. Jangan sampai Anda mendapatkan rasa makanan kurang sesuai karena ternyata sudah dimasak pada hari sebelumnya sehingga penyajiannya tidak fresh.

Menu variatif dengan penyajian fresh dan kemasan aman akan didapatkan dengan pesan Nasi Kotak Jakarta.